Udunan Warga
Ingin Ridwan Kamil Juara Relawan Jabar Juara Gelar Giat Udunan Warga

cakranews.com, Bandung - Ingin orang yang dijagokannya menang Pilgub Jabar 2018. 12 relawan yang tergabung dalam Relawan Jabar Juara bersatu padu cari dana lewat giat bertajuk udunan warga.

Langkah dilakukan dengan terlebih dahulu minta pendapat dari KPK, agar kegiatannya yang dilakukannya legal, tidak berbuntut dengan temuan tindak pidana korupsi oleh lembaga anti rasuah.

Koordinator Relawan Jabar Hanief Mochammad mengatakan ongkos politik untuk menghadapi Pilgub Jabar tidaklah murah. Jadi perlu ada aksi nyata yang melibatkan publik untuk membantunya.

"Ridwan Kamil yang bukan konglomerat," katanya.

Hanief mengatakan demikian karena menyadari tanpa dukungan logistik suatu keniscayaan bisa melakukan ikhtiar politik.

Oleh karenanya, dana dari udunan warga tersebut nantinya akan dilakukan secara transparan dan akuntabel. Agar bisa dilaporkan ke KPU.

Langkah ini dilakukan, setelah relawan terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan KPK. Hasilnya, KPK tidak mempermasalahkannya selama ide dan inisiatifnya berasal dari relawan.

"Kata KPK bukan gratifikasi yang penting idenya keluar dari relawan bukan dari kandidat. Kang Emil tidak akan pernah meng-endorse tentang kegiatan ini," ujar Hanief dengan didampingi Panglima Relawan Jabar Juara Herri Antha

Adapun konsep dari udunan warga, setiap warga berhak memberikan sumbangan minimal Rp10 ribu sampai Rp750 juta, sesuai aturan yang berlaku. Cara untuk menyumbangnya bisa diakses lewat website.

"Kami tidak terima transaksi tunai. Semua harus dilakukan lewat bank, baik berupa kartu debit, kredit atau setoran tunai via bank," katanya.

Dana yang terkumpul nanti akan digunakan untuk sosialisasi, honor bagi para saksi di TPS. Sebab berdasarkan perkiraan jumlah saksi yang dibutuhkan  150 ribu orang.

"Kalau satu saksi harus dibayar Rp50 Ribu Rp7,5 M. Tapi kami tidak butuh segitu, kami hanya butuh sekitar Rp6 miliar," jelasnya.

(Aris)