Jokowi
Putri Jokowi, Kahiyang Ayu resmi menikah dengan pria asal Sumatera Utara, Bobby Nasution.

cakranews.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berasal dari Solo. Wilayah Indonesia yang kental sekali ajaran kejawennya. Jadi jangan heran kalau orang pertama di Indonesia ini banyak menjadikan hari kelahirannya sebagai hari spesial.
 
Putri Jokowi, Kahiyang Ayu resmi menikah dengan pria asal Sumatera Utara, Bobby Nasution. Pernikahan digelar dengan adat Jawa klasik dengan tahapan prosesi memertahankan budaya leluhur. 
 
Tanggal dan hari yang dipilih juga menggunakan perhitungan primbon Jawa untuk mencari hari baik bagi masa depan rumah tangga mereka berdua.
 
Entah kebetulan atau memang sudah sesuai perhitungan, Kahiyang menikah di hari Rabu.  Dan Jokowi juga seringkali memilih hari Rabu menjadi momen-momen kenegaraan yang penting untuk diputuskan. 
 
Jokowi melakukan perombakan kabinet (reshuffle) pertama pada Rabu 12 Agustus 2015, dan reshuffle kabinet kedua pada Rabu, 27 Juli 2016. 
 
Tak hanya itu, Jokowi juga lahir pada Rabu Pon tanggal 21 Juni 1961.
 
Ahli Aurametaphysics dan Konsultan Spiritual, Jeng Frolin menilai, hari Rabu 8 November 2017 sebagai hari bahagia bagi putri semata wayangnya.
 
Jokowi sudah dihitung secara detail. Meski begitu, dulu putra pertamanya, Gibran Rakabuming Raka menikah di hari Kamis.
 
Pernikahan putri Jokowi, disaksikan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ketua MUI KH Mar`uf Amin saat ijab kabul di Gedung Graha Saba, Sumber, Solo, Jawa Tengah.
 
"Sepertinya Pak Jokowi merasa Kahiyang spesial karena putri satu-satunya. Jadi ada kesamaan dengan Jokowi, sehingga disamakan hari lahir ayahnya untuk menikah," kata Frolin seperti dikutip JawaPos.com, Rabu (8/11).
 
Frolin menilai Jokowi memang menganggap hari Rabu spesial karena dipenuhi dengan berbagai peruntungan dan keberkahan. 
 
Hari Rabu, menurutnya, dianggap sebagai hari paling baik untuk menggelar hajatan.
 
"Pak Jokowi itu orang Solo, Kejawennya kental sekali. Sangat percaya hal-hal yang ada dalam perhitungan primbon dengan sesuatu momen penting," jelasnya.
 
Frolin percaya Jokowi pasti selalu banyak meminta petunjuk agar selalu diberikan keberkahan dan dimudahkan dari segala urusan. Tentu hari Rabu juga sudah disesuaikan dengan weton dan penanggalan Jawa.
 
"Tak hanya untuk Pak Jokowi, tentu penanggalan seperti ini juga berlaku untuk masyarakat umum yang ingin menggunakan perhitungan Jawa. Namun untuk Pak Jokowi sepertinya beliau prefer hari Rabu karena berkaitan dengan kepercayaan," papar Frolin.
 
Rangkaian pernikahan Kahiyang-Bobby dimulai sejak tanggal 7-9 November 2017 di Solo. 
Dimulai dengan prosesi adat siraman, bleketepe, dan midodareni. Kemudian dilanjutkan dengan akad nikah pagi tadi. 
 
Lalu dilanjutkan lagi dengan prosesi resepsi. Sementara acara Ngunduh Mantu akan dilaksanakan di Medan Sumatera Utara di kediaman mempelai pria pada tanggal 24-26 November dengan acara adat dan resepsi.
 

(Rio)