Bangli
Alat Berat tengah merobohkan bangunan liar di atas lahan milik Pemda DKI di Jl Jatibaru, Kampungbali, Tanahabang, Rabu (11/10/2017)

cakranews.com, Jakarta - Untuk menyelamatkan aset tanah seluas kurang lebih 500 meter persegi milik Pemda DKI yang terletak di Jalan Jati Baru, (eks velbak), Kampung Bali, Tanah Abang, Jakpus. Dilakukan giat penertiban di atas lahan tersebut.

Penertiban yang dipimpin Camat Tanahabang melibatkan sedikitnya seratus ratusan petugas gabungan untuk menertibkan 12 bangunan liar (Bangli), dan terminal bayangan atau pangkalan truk yang berdiri di atas lahan tersebut.

Selain itu, giat juga mengerahkan, satu alat berat jenis Sovel milik Lingkungan Hidup agar gerak petugas dalam membongkar bangli lebih ringan. Mengingat bangli yang berdiri di atas lahan tersebut berupa bangunan-bangunan permanen seperti, dapur, MCK, gudang dan rumah  tinggal.

"Lahan seluas 500 meter persegi itu merupakan aset Pemda DKI. Ada 12 bangunan liar yang dijadikan gudang, MCK, Dapur dan terrminal bayangan dan tempat parkir truk yang kita tertibkan" kata Lurah Kampung Bali, Hermansyah, Rabu (11/10/2017).
 
Setelah dilakukan pembongkaran, kata mantan Wakil Lurah Kebon Kosong ini  akan langsung dihijaukan dengan penghijauan sebanyak 30 pohon berjenis Trembesi dan tanjung.
 
"Untuk menyelamatkan aset. kita sementara kita tanami penghijauan. Selanjutnya kita akan bersurat ke kantor pengelola Aset daerah," ungkap Hermansyah.
 
Kasatpel LH kecamatan Tanah Abang, H. Zulkarnaini menambahkan, seluruh material puing diangkut  menggunakan 2 unit truk typer kecil dan besar dari Sudin Lingkungan Hidup. 
 
"Ada ratusan petugas gabungan dan satu alat berat Sovel yang dikerahkan untuk membersihkan dilokasi bongkaran,” jelas Zul.

(Van)