Kak Seto
TAK SENONOH - ditemukannya kata-kata tidak senonoh dalam buku cerita anak berjudul Si Kabayan Super Kocak,

cakranews.com, Jakarta - Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Indonesia Seto Mulyadi, turut merasa prihatin dengan ditemukannya kata-kata tidak senonoh dalam buku cerita anak berjudul Si Kabayan Super Kocak, Kumpulan Cerita Kabayan yang Cerdik dan Menggelitik tersebut adalah karya Witarsa yang diterbitkan pada tahun 2016 oleh CV. Nuansa Aulia Bandung.
 
Pada buku tersebut memuat kata-kata seperti istri simpanan, selingkuhan, dan dukun cabul. Bagi Kak Seto, sapaan akrab Seto Mulyadi, kata-kata tersebut belum saatnya dikonsumsi oleh anak. Jika terlanjur dibaca anak, jelas Kak Seto, akan berdampak pada kebingungan anak yang bisa berujung pada tindakan-tindakan keliru.
 
"Kalau sudah begitu, perlu ada treatment psikologis kepada anak baik itu secara individual atau massal jika buku itu dibaca rame-rame oleh siswa di sekolah," papar Kak Seto seperti dikutip dari republika.co.id, Kamis (29/6/2017).
 
Kak Seto juga mengimbau, agar buku tersebut bisa segera dilaporkan dan penerbit juga segera menarik peredaran buku cerita tersebut. Ke depannya, Kak Seto berharap para penulis dan penerbit yang mengeluarkan buku untuk anak-anak lebih teliti dan memperhatikan konten buku.
 
Selain itu, dia juga berharap Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuat panduan yang lebih jelas bagi penulis buku anak.

(*/Ris)